Komputer Baru Lemot/Lambat Saat Boot


Sering banget saya ditanyain pertanyaan ini, "Laptop i3 baru beli tapi kok lemot banget ya, loading awalnya lama banget, trus mau shutdown aja lama banget", dilain kesempatan juga pernah ditanya "saya baru beli laptop merk A Seri A sama persis dengan teman saya, tapi punya temen saya kok lebih cepet, punya saya agak lemot kok bisa"

Mungkin banyak juga yang ngalamin kaya hal diatas, dari pengalaman saya dan ilmu yang saya punya(dukun kali, haha) saya menyimpulkan beberapa hal yang perlu di jadiin acuan/patokan kenapa komputer/laptop bisa lambat padahal baru.

Hal yang paling UMUM/sering bikin komputer lemot biasanya HARDDISK, baik itu dari faktor RPM/kecepatan membaca harddisk, Hardisk yang jarang/tidak pernah di maintenance, banyaknya aplikasi yang startup/berjalan under system OS, dan cacat bawaan pabrik, Dsb.

Saya hanya akan membahas fokus kepada CACAT BAWAAN PABRIK PADA HARDDISK, kok bisa?, bisa temen-temen sering kan baru beli laptop tapi ketika di jalankan, dan di denger baik-baik pada laptop ada suara "kretek..kretek" atau "tek..tek...tek..." tapi halus disamping suara desingan putaran cakram harddisk/kipas laptop? kalau YA, itulah suara harddisk yang kondisi putaran/mekaniknya kurang bagus..bukan berarti rusak ya..tapi hanya kurang bagus, alias cacat pabrik. terus berpengaruh gak saya kecepatan keseluruhan?, pastinya! karena selain kecepatan processor, RAM, HDD sangat berpengaruh dalam pembacaan data, program dsb. 

SOLUSI : Dalam hal ini tidak banyak yang bisa kita lakukan, selain maintenance rutin, dan penggunaan aplikasi yang wajar dan pengaturan startup aplikasi yang bijak. CMIIW
Untuk tambahan dikomen ya,,,cuma sekedar share.

0 komentar: